Saturday, October 10, 2009

KISI - KISI SOAL MID SEMESTER GRADE VII - XII

KISI - KISI SOAL MID SEMESTER UNTUK SEMUA KELAS
GRADE VII
احمد : السلام عليكم....
حسان : و عليكم السلام
احمد : اَيْنَ تَسْكُنُ...؟
حسان : اَسْكُنُ فِيْ حَي المَطَارِ, و اَينَ تَسْكُنُ اَْنتَ..؟
احمد : اَسْكُنُ فِي حَي الجَامِعَة
حسان : هَلْ تَسْكُنُ في بَيْتٍ..؟
احمد : نَعَمْ, اَسْكُنُ فِي بَيْتٍ...هَلْ تَسْكُنُ في بيتٍ ..؟
حسان : لا , اَْسكُنُ في شَقَّةٍ.
احمد : مَا رَْقمُ شقَّتِكَ..؟
حسان : 5, ما رقم بيتك..؟
احمد : 9
PELAJARI PERCAKAPAN DIATAS, PAHAMI MAKNANYA DAN.

Halaman 49 :
Kompor , فرن
kulkas, ثلاجة
sofa, اريكة
mebel, اثاث
apartemen, شقة
dapur, مطبخ
kaca, مرأة
ranjang, سرير
pemanas سخان
اِختَرْ الاشياء الموجودة في المطبخ : pilihlah barang-barang yang sering dijumpai di dapur.
Pahami setiap makna dari percakapan di atas.
Perhatikan bentuk perubahan fi’il mudhori (present) dari kata ganti saya, dia dan kamu. Dari satu kata kerja
سكن
yang berarti bertempat tinggal

سكن
انا هو انتَ

اسكن يسكن تسكن

KISI - KISI SOAL MID SEMESTER UNTUK SEMUA KELAS
GRADE IX


1. انواع الترويح
يمارس الناس بعض الانشطة للترويح عن النفس, ويطلب الناس التريح بعد انتهاء العمل و الدراسة. . فالعامل الذي يعمل كثيرا يحتاج الى الترويح و الطالب الذي يدرس كثيرا يحتاج الى الترويح. يفضل كثير من الناس القراءة . ففيها فائدة و متعة. فالانسان يروّح عن نفسه بقراءة القصص و الشعرو الكتب المفيدة. و من الترويح المفيد ممارسة الرياضة لأن الاسلام يدعوا الى القوة. قال الرسول صلى الله عليه و سلّم ( المؤمن القوي خير و احب الى الله من المؤمن الضعيف, و في كل
خيرٌ) وكان المسلمون يمارسون الرياضة . قال عمر بن الخطاب – رضي الله عنه - : ( علّموا اولادكم السباحة و الرماية و ركوب الخيل).
1. Pelajari terjemahannya terutama kata-kata bergaris bawah.
2. Perhatikan bentuk mufrod dari jamaknya
3. Temukan ada berapa fi’l mudhori yang ada di paragraph.
4. Pelajari halaman 26, dihafalkan yang mufrodat tadrib 2, siapa tahu yang akan keluar tidak model menggaris-garis.
5. Hal 27 , perangkat-perangkat yang digunakan untuk istifham (adawat al-istigham)
6. Soal berjumlah 20


KISI-KISI
GRADE X

اَحمَد يَسكُنُ فِي شَقَّةٍ جَمِيلَةٍ . الشَقّةُ فِي حَي المَطَارِ. الشَقَةُ فِي الدَّورِ الثَالِثِ. فِي الشَقَّةخَمْسُ غُرَف : فِي غُرفَةِ النَومِ سَرِيرٌ. فِي غُرفَةِ الجُلُوسِ أَرِيكَةُ . فِي المَطبَخِ فُرْنٌ. فِي الحَمَامِ مِرأَةٌ.

Ada di halaman 63. Pahami dan usahakan hafal terjemahannya,

احمد : السلام عليكم....
حسان : و عليكم السلام
احمد : اَيْنَ تَسْكُنُ...؟
حسان : اَسْكُنُ فِيْ حَي المَطَارِ, و اَينَ تَسْكُنُ اَْنتَ..؟
احمد : اَسْكُنُ فِي حَي الجَامِعَة
حسان : هَلْ تَسْكُنُ في بَيْتٍ..؟
احمد : نَعَمْ, اَسْكُنُ فِي بَيْتٍ...هَلْ تَسْكُنُ في بيتٍ ..؟
حسان : لا , اَْسكُنُ في شَقَّةٍ.
احمد : مَا رَْقمُ شقَّتِكَ..؟
حسان : 5, ما رقم بيتك..؟
احمد : 9

Kompor , فرن
kulkas, ثلاجة
sofa, اريكة
mebel, اثاث
apartemen, شقة
dapur, مطبخ
kaca, مرأة
ranjang, سرير
pemanas سخان

اِختَرْ الاشياء الموجودة في المطبخ : pilihlah barang-barang yang sering dijumpai di dapur.



Pahami setiap makna dari percakapan di atas.
Perhatikan bentuk perubahan fi’il mudhori (present) dari kata ganti saya, dia dan kamu. Dari satu kata kerja
سكن
yang berarti bertempat tinggal

سكن
انا هو انتَ
اسكن يسكن تسكن


Jika ada pertanyaan sebutkan benda-benda yang ada di dapur, pilih yang wajar memang kesemua pilihan bias terletak di dapur. Tapi pilih yang normal dan wajar.

TAMBAHAN MATERI YANG BELUM SAYA SAMPAIKAN
FI’IL TERBAGI MENJADI TIGA :
1. FI’IL MADHI : FI’IL YANG MENUNJUKKAN TERJADINYA PERISTIWA PADA MASA LALU.
فعل الماضي : هو كل فعل يدل على حصول عمل في الزمان الماضي
المثال : جرى الكلب : ANJING TELAH BERLARI
وقف الرجل : LELAKI ITU SUDAH BERDIRI
ضاع الكتاب : BUKU TELAH HILANG
2. FI’L MUDHORI : FI’IL YANG MENUNJUKKAN TERJADINYA SUATU PERBUATAN PADA MASA SEKARANG ATAU MASA AKAN DATANG. FI’IL MUDHORI’ WAJIB DI DAHULUI HURUF MUDHORO’AH (حروف المضارعة) YAITU : ء, ن, ي, ت.
فعل المضارع : هو كل فعل يدل على حصول عمل في الزمان الحاضر او المستقبل. ولابد ان يكون مبدوأ من احروف المضارعة وهي الهمزة , و النون و الياء و الالف.
المثال : اغسل يديّ : SAYA MEMBASUH TANGAN
ألبس ثيابي : SAYA MEMAKAI PAKAIAN
نلعب بالكرة : KITA BERMAIN BOLA
3. FI’IL AMR : KATA KERJA YANG MENUNTUT TERJADINYA SESUATU
فعل الامر هو كل فعل يطلب به حصول شيء
المثال : إِلْعَبْ الكُرَّةَ : BERMAINLAH BOLA !
نَظِّفْ ثِيَابَكَ : BERSIHKAN PAKAIANMU !
نِمْ مُبَكِّرًا : TIDURLAH LEBIH AWAL !

KISI – KISI SEMUA KELAS
GRADE XI

تَرَكَ ثابتُ العِرَاقَ, و اِنتَقَلَ اِلَى جِدَّةٍ. هو الان مُدِيْرُ الشِركةِ في جِدَّةٍ. ثابتُ سعيدٌ في الجدة مع اسرته. جدة مدينة كبيرة و جميلة جدًّا. يذهبُ ثابتُ مع اسرته الى شَاطئ البحر يومَ الخميس, ويَقْضِي يومَ الجُمعَةِ في مَكَّةِ. يذهب الى مكَّةَ هو و اسرته يوم الجمعة صباحا. تَسْتَغرقُ الرِحْلَةَ من جدة الى مكة ساعة تقريبا. يصلِّي ثابت و اسرته صلاة الجمعة في مسجد الحرام. ويصلِّي عصرا ايضا هناك. بعد صلاة العصر يذهب الى بيته في جدة.

1. Pelajari halaman 242, temukan arti dari semua kata kerjanya.
2. Tentukan mana yang termasuk fi’il madhi, mudhori ataupun masdar.


FI’IL MADHI : FI’IL YANG MENUNJUKKAN TERJADINYA PERISTIWA PADA MASA LALU.
فعل الماضي : هو كل فعل يدل على حصول عمل في الزمان الماضي

FI’L MUDHORI : FI’IL YANG MENUNJUKKAN TERJADINYA SUATU PERBUATAN PADA MASA SEKARANG ATAU MASA AKAN DATANG. FI’IL MUDHORI’ WAJIB DI DAHULUI HURUF MUDHORO’AH (حروف المضارعة) YAITU : ء, ن, ي, ت.
فعل المضارع : هو كل فعل يدل على حصول عمل في الزمان الحاضر او المستقبل. ولابد ان يكون مبدوأ من احروف المضارعة وهي الهمزة , و النون و الياء و الالف


PERCAKAPAN
احمد : اين تسكن الان يا بدر ؟
بدر : اسكن في القرية
احمد : لماذا تركت المدينة ؟
بدر : القرية هادئة, و الهواء نقيّ
احمد : ولكن في المدينة جامعات , و مستشفيات, و شركات, و اسواق
بدر : و في المدينة ايضا ضوضاء, و تلَوُّثٌ, و اِزْدِحَام
احمد : لمذا تسكن في القرية, و انت تعمل في المدينة ؟
بدر : ليس هناك مشكلة
احمد : كيف تذهب الى المدينة ؟
بدر : اذهب بالقِطًارٍ
احمد : كم تستغرق الرحلة الى المدينة ؟
بدر : تستغرق ساعة و نصف ساعة تقريبا

PAHAMI MAKNA DARI PERCAPAKAN DIATAS



HAFALKAN MAKNA DARI MUFRODAT DI BAWAH INI
ازدحامmacet شاطئ البحر pantai سعيد bahagia
هادئ tenang مدير الشركة direktur perusahaan اسواق pasar
شركات perusahaan جواز السفر paspor تلوث polusi

HALAMAN 245 TADRIB 5,MOHON DIPELAJARI.


KISI – KISI UNTUK GRADE XII

هل تعمل المرأة خارج بيتها ام لا تعمل ؟ يختلف الناس في الاجابة عن هذا السؤال الى ثلاثة فرق , فريق يقول : يقول نعم, يجب ان تعمل المرأة خارج بيتها, مثل الرجل, و فريق اخر يقو ل : لا يصح ان تعمل المرأة خارج بيتها و فريق ثالث يقول تعمل المرأة خارج بيتها , ولكن بشرط.

PELAJARI MAKNANYA,
1. HAL 121 PELAJARI MAKNANYA
2. HALAMAN 122 MUFRODAT TADRIB 1, DIHAFALKAN ISTILAH-ISTILAH YANG ADA.
3. HAL 123, TENTANG JAMAK MUANNAS SALIM (MERUBAH DARI MUFROD KE JAMAK MUANNAS SALIM)
4. HAL 127. PEMBAGIAN FI’L MENAJDI DUA, TRANSITIF DAN INTRANSITIF.
5. HAFALKAN HAL 126, TENTANG ANTONIM (TADRIB 2)
6. JUMLAH SOAL 20





semoga sukses.

CHATTING MA PAK SUBHAN



8:40pmNajib
salam
8:43pmSubhan
ya jib.. lagi ng ngendi iki
8:44pmNajib
di depok pak
belum sempat ke cimahi
uangnya habis buat mudik
ha..ha..
insya Allah idul adha ke bandung
8:45pmSubhan
lah.. liyo dino .. po mengko pas lebaran haji .. aku juga mau pulang cuti jib
8:46pmNajib
alhamdulillah
8:49pmSubhan
tak tunggu yo.. nanti aku sms ... oh ya nomr hpmu sing endi jib
8:49pmNajib
+6285868442415
iya pak nanti kita ketemu
saya kangen ma keluarga bapak.


makan bareng lagi
di cimahi kan
??
saya dah pernah nelpon tyusuf ma ibu juga
8:50pmSubhan
ya kalo makan di cimahi ga pakai nasi yaman lagi jib hahahaa
8:51pmNajib
boleh....
kok ibu pulang duluan pak
8:51pmSubhan
iya tapi di cimahi makan nasi sama sambal lalapan ...
8:51pmNajib
terus bapak dirumah sama siapa?
8:51pmSubhan
aku dirumah sendirian.. anak2 ksw jarang yg datang..
ga apa2 dari dulu kan udah biasa sendirian jib
8:54pmNajib
waduh
maaf dulu sehabis saya domisioner saya jarang ke rumah
karna persiapan kuliah ma di buus saja ma ngaji
8:55pmSubhan
napa jib... habis temen ksw kan sekarang kebanyakan anak2 jateng sebelah timur jauh.. semarang ke timur.. jadi jarang kerumah...
8:55pmNajib
wah maaf pak
dulu saya meski nggak dateng kerumah tapi saya sering nelpon ke rumah
sebagai wujud terimakasih saya ke bapak
tapi biasanya yang ngangkat yusuf ma ibu bapak sering nemenin tamu
8:56pmSubhan
ya aku juga ngerti .. aku juga jarang ke ksw jadi temen2 kurang kenal sama aku...
8:57pmNajib
terus yang masak siapa di rumah?
8:58pmSubhan
pesan sama pak hamdani.. sekalian buat makan siang di kantor..
kadang anak2 yg jaga masjid kayak zaidun n fauzan yang kerumah nemenin sama masak
8:59pmNajib
duh kan saya jadi ngarsa nggak enak ma bapak...
kok bisa , seandainya saya masih di Cairo, biar saya yang masak deh pak nggak papa, serius nih, saya belum bisa ngucapin terimakasih ke bapak
9:00pmSubhan
ngomong2 kamu ngajar ajah apa sekalian nerusin kuliah jib.. mumpung masih muda .. terus nyari ilmu yang banyak jib.. jadi sambi kuliah ..
hhahhah gak apa2 kok jib... kamu kembali ke indon lebih cepat lebih baik.. demi masa depan kamu...soalnya kalo di mesir terus malah gak bermanfaat
9:01pmNajib
iya pak, rencana tahun depan mo nyaribeasiswa lagi
tapi lum bisa balas budi ma kelaurag bapak
rencana tahun depan kuliah
muga2 dapet beasiswa
rencana mau ambil komunikasi
pengin kayak pak subhan
9:02pmSubhan
weleh... anggap saja itu kewajiban saya jib... kita kan sama2 orang jauh di rantau .. kalo gak saling nolong n saling bantu aku merasa berdosa....
terus rencana mau kuliah dmn jib
kalo nanti aku bisa bantuin...
9:04pmNajib
rencana penginnya ke Russia pak
atau nggak ke prancis, namanya juga cita2 kan setinggi langit
sekarang lagi belajar bahasanya samabil nyari2 info beasiswa, tahun kemarin dah pengin ikut tapi ma keluarga belum boleh karna lum ilang kangennya
9:06pmSubhan
kalo informatika atau ilmu komunikasi mungkin lebih baik di perancis .. di sorbone.. nanti jadi kayak pak dubes bachtiar ali....ya saya doakan sukses selalu
9:07pmNajib
amin
kalo saya ngejar bahasanya pak
kemarin di buus selama nggak keluar2 saya belajar bahsa russia ma tmen2 russia yang tinggal di buus
nah russia juga bahasa PBB kan, tapi memang kayaknya prancis lebih bonafit.. tapi yang bisa bahsa prancis dah banyak
9:11pmSubhan
yaaa.. itu tergantung sregnya . kamu mau dmn itu ikhtiar kamu lah....
9:13pmNajib
pak, maaf saya mau main tenis meja..nanti kontak terus pak, mbesok saya nelpon ibu ma yusuf
insya Allah
9:15pmNajib
bapak ya..smoga diberi kelancaran semuanya disitu
9:16pmSubhan
oke jib makasih banyak... kita tetap silaturahim terus
salam sama temen2 di depok .